PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

Berdasarkan data  prevalensi penyalahguna Narkoba di Indonesia telah mencapai 1,99 % dari total populasi penduduk atau sekitar 3,6 juta jiwa. Delapan puluh enam persen penyalahguna Narkoba berada pada usia produktif. Upaya penanggulangan penyalahgunaan Narkoba bersifat komprehensif. Bagi pecandu atau penyalahguna, Undang-Undang telah memberikan hak-hak bagi mereka untuk mendapatkan rehabilitasi medis dan sosial. Saat ini Badan Narkotika Nasional memiliki sebuah panti rehabilitasi berkapasitas 500 residen atau pecandu yang terletak di Lido Bogor.

Di pusat rehabilitasi ini tersedia fasilitas seperti olahraga, pusat keterampilan hingga kegiatan sosial yang berdiri di atas tanah seluas 112.000 m2.

Ada tahapan-tahapan yang akan dilalui pasien yang baru masuk hingga akhirnya dinyatakan sembuh total. Tiga tahapan yang dimaksud adalah tahapan Healing, Revolution dan Transformation. Tahapan pertama, pasien akan menjalani detoksifikasi atau putus zat dengan terapi simptomik secara berkelanjutan selama satu bulan. Setelah itu, residen akan menjalani program primary selama 6 bulan. Yakni dengan pola Rehabilitasi sosial dengan therapeutic community (TC). Selanjutnya, program TC Lanjutan terapi vokasional dan resosialiasi selama 5 bulan. Setelah menjalani 1 tahun program, residen masih dilakukan pemantauan. Jika sudah dinyatakan sembuh, maka akan dikembalikan keluarganya masing-masing dengan sebelumnya menjadi tiga tahapan yang di sebut dengan program Back to family.

Metode yang digunakan untuk memulihkan pecandu adalah medis, sosial, therapeutic community (terapi berbasiskan komunitas), religi, akupuntur, dan hipnoterapi. Panti rehabilitasi ini tidak memungut biaya bagi para penyalahguna Narkoba yang akan berobat atau gratis. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi CALL CENTER BNN di nomor 021-80880011, SMS CENTER BNN 081 221 675 675 atau UPT T&R BNN di nomor 0251 – 822 0928 dan fax (0251) 8220875. Atau bisa mengirim email ke upt_tr_bnn@yahoo.com..

Kriteria residen (pecandu) yang dapat menjalani rehabilitasi di UPT Terapi dan Rehabilitasi BNN :

UNTUK BACA KELANJUTANNYA, KLIK TULISAN DI BAWAH INI
1. Calon residen merupakan pengguna Narkoba aktif dengan pemakaian terakhir kurang dari 12 bulan. Jika terakhir mengkonsumsi Narkoba lebih dari 3 bulan, wajib melampirkan surat keterangan dokter yang menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah pengguna Narkoba.
2. Berusia 15 – 40 tahun. Jika berusia kurang dari 15 tahun hanya menjalani detoksifikasi dan entry unit.
3. Tidak sedang hamil (pada calon residen wanita)
4. Tidak menderita penyakit fisik (diabetes, stroke, jantung) maupun psikis yang kronis (yang dapat mengganggu pelaksanaan program)
5. Calon residen datang dengan didampingi orang tua/wali
6. Bagi residen yang menjalani rehabilitasi karena putusan pengadilan, wajib melampirkan salinan putusan.
7. Calon residen yang menjalani rehabilitasi karena berdasar pada Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2010, harus didampingi oleh pihak pengadilan.

Ketentuan Rehabilitasi :

1. Masa pembinaan residen selama 6 (enam) bulan meliputi detoksifikasi, entry unit, primary, dan re-entry.
2. Selama masa detoksifikasi dan entry unit, residen tidak dapat dikunjungi oleh pihak keluarga.
3. Residen baru dapat dikunjungi setelah memasuki fase primary dan re-entry
4. Apabila residen melarikan diri dari tempat rehabilitasi dan kembali ke keluarga, maka keluarga wajib menginformasikan kepada UPT T&R BNN dan mengantar kembali untuk melanjutkan proses rehabilitasi.

Persyaratan Masuk

Residen datang dengan didampingi anggota keluarga dan membawa :

A. Perlengkapan administrasi
1. Foto copy kartu keluarga.
2. Foto copy KTP calon residen (pasien) dan orang tua.
3. Pas foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar.
4. Materai Rp. 6.000,- sebanyak 2 lembar.
5. Bagi residen yang menjalani rehabilitasi karena putusan pengadilan, wajib melampirkan salinan putusan.

B. Perlengkapan (Pria)

1. Pakaian : (1). Celana pendek 3/4 (di bawah lutut) sebanyak tiga buah, (2). Pakaian dalam sebanyak enam buah.
2. Perlengkapan ibadah.
3. Peralatan mandi dan cuci : (1). Handuk 1 buah, (2). Sabun mandi (batang) 2 buah, (3). Sikat gigi 1 buah, (4). Pasta gigi 1 buah, (5). Shampo (sachet) 10 buah, (6). Rinso (sachet) 2 buah.
4. Kebutuhan pribadi : (1). Snack berupa susu sachet dan makanan ringan (tidak dalam bentuk kaleng), (2). Rokok 19 bungkus (bagi yang merokok).

C. Perlengkapan (Wanita)

1. Pakaian : (1). Celana pendek 3/4 (di bawah lutut) sebanyak tiga buah, (2). Pakaian dalam sebanyak enam buah.
2. Perlengkapan ibadah.
3. Peralatan mandi dan cuci : (1). Handuk 1 buah, (2). Sabun mandi (batang) 2 buah, (3). Sikat gigi 1 buah, (4). Pasta gigi 1 buah, (5). Shampo (sachet) 10 buah, (6). Rinso (sachet) 2 buah.
4. Kebutuhan pribadi : (1). Snack berupa susu sachet dan makanan ringan (tidak dalam bentuk kaleng), (2). Rokok 10 bungkus (bagi yang merokok).

untuk melihat galery foto tentang PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR klik link dibawah ini

GALERI 08 – KUNJUNGAN KE UNIT REHABILITASI BNN DI LIDO BOGOR

Pesan Admin

Silahkan tinggalkan komentar, pertanyaan, pendapat, atau curahan hati. Kami akan berusaha untuk menanggapi setiap komentar yang ada. Partisipasi Anda akan sangat berarti bagi kelangsungan dan pengembangan blog ini. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Konseling Terpadu Pemulihan Pecandu Narkoba

PUSAT REHABILITASI NARKOBA

PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

GALERI 08 – KUNJUNGAN KE UNIT REHABILITASI BNN DI LIDO BOGOR

PUSAT TERAPI NARKOBA

Terapi Metadon Sembuhkan Pecandu Narkoba

Tidak Dikriminalkan, Pecandu Narkoba Direhabilitasi

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

About these ads

11 comments on “PANTI REHABILITASI NARKOBA LIDO BOGOR

  1. Pagi,
    To the point,
    Suami saya sekarang sedang terlibat Narkoba.Memakai Narkoba sekitar dua tahun lebih sampai sekarang( walau sekarang berusaha untuk mengurangi pemakaianya).
    Selama ini berusaha diatasi dengan Tramadol dan pengawasan. Tetapip karena suami masih bisa akses keluar (bekerja) tanpa bisa saya awasi setiap harinya, jadi sering kecolongan.
    Perilaku berubah drastis. Menjadi sangat Posesif, Sensitif (pemarah dan cepat tersinggung), Kasar (suka main tangan), dll
    Dan saya tidak mengenal Narkoba dengan baik, tetapi kalau tidak salah yg dipakai adalah Putau.
    Kami tinggal di Pejaten Pasar Minggu.
    Yang ingin saya tanyakan :
    1.) Rehabilitasi bisa dilakukan berobat jalan(tidak menginap) apa tidak?
    2.) Kira” berapa biaya yg saya sipakan untuk kesembuhan suami saya( mulai dr administrasi, dll )
    3.) Dari suami saya ada keinginan yg besar untuk sembuh, dan yg ditakutin adalah sugest untuk mencari narkoba karena sakau. Kira” dengan kondisi seperti ini berapa lama untuk direhabilitasi?
    Terimakasih, dan sementara itu yg saya ingin ketahui. dan berharap mendapatkan jawaban yg bisa membuat saya bisa meyakinkan suami dan membawa suami untuk rehabilitasi.

    • 1. untuk rehab, di RS (spt yg tercantum dalam daftar) memang dilakukan dengan berobat jalan secara periodik dengan terapi methadon
      2. untuk biaya, bisa hubungi lagsung RS-nya.
      3. keinginan utk memakai lagi, memang biasa terjadi pd proses recovery. tetapi kalo memiliki kemauan yg kuat dg didukung org2 terdekat dan keluarga, saya yakin DIA bisa melaluinya.

  2. pertama kali mendengar nama Lido, saya langsung berpikir kalau Lido adalah tempat yang mengerikan.
    tapi syukurlah, stelah baca dan liat profil Lido ternyata tidak seperti itu.
    semoga, pacar saya yang sekarang berada di Lido mendapat kesembuhan dan perubahan dalam dirinya setelah keluar dr Lido.
    yang ingin saya tanyakan, apakah pada masa tahapan pertama, pasien akan menjalani detoksifikasi atau putus zat dengan terapi simptomik secara berkelanjutan selama satu bulan pasien tidak boleh dihubungi oleh siapapun? terus, sebentar lagi kan kita akan puasa dan lebaran, apakah pasien tidak boleh pulang?
    atas jawaban dari Bapak atau Ibu saya ucapkan terima kasih… ^_^

  3. selamat pagi..

    adik saya sdh bekelurga…dalam 6 bulan belakangan ini ada perubahan dalam dirinya..info dari istrinya beliau sering tidak pulang bahkan sampai 14 hari untuk keterangan yang tidak jelas…tetapi klo kami tanya beliau tidak mengaku….info dari sms dan bbm nya menggambarkan ada sesuatu yang janggal…1. .yg ingin kami tanyakan apa arti dari HALIMAH dan BO…krn kata2 itu sering ada di bbm nya beliau 2. bagaimana ciri ciri pemakai narkoba.

    mohon apa yh harus kami lakukan agar dapat menyelamatkan adik tercinta kami

  4. hi, saya mau tanya….ka2 saya sedang bermasalah dengan narkoba. saat ini sedang dalam proses hukum. jika nanti dia diputuskan untuk masuk ke lido, apakah ada biaya? mengingat kami bukan dr keluarga berkecukupan…. selain itu sekitar akhir tahun 2010 ka2k saya menjalani proses pengangkatan empedu. apakah itu menjadi kendala nanti na dia didalam pusat rehab???? bagaimana jika seandai na dia mengeluhkan sakit dibagian bekas operasi, apakah ada dokter yng menangani na atau boleh obat dari luar? tx bgt….

  5. Hi, saya mo tanya. Saat ini ka2 saya sdng proses hkm t’kait dgn narkoba. Seandai na putusan hkm ka2 saya diputuskan ke LIDO, apakah ada biaya slama ka2 saya disana? Terus terang kami dari keluarga yg pas2an. Selain itu, akhir tahun 2010 ka2 saya menjalani operasi pengangkatan empedu. Seandai na dia mengeluh sakit dibag bekas operasi, apakah ada dokter yg menangani na or blh kah bawa obat dr luar?

  6. Saya punya adik laki2 terkena narkoba di kampung (cilacap, jateng). Saya kakak laki2 tertua dan bekerja di jakarta. Orang tua tinggal Ibu, Ayah saya meninggal saat saya kelas 1 smp. Saya benar2 butuh pertolongan untuk menyembuhkan adik saya agar bisa berguna seperti anak2 pada umumnya dan berhenti membuat ibu saya sedih karena dia sudah benar2 menjadi manusia yang tak berguna. Sekali lagi tolong saya. Tolong beri saya saran di 021 99537920 Terimakasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s