EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

Efek narkotika tergantung kepada dosis pemakaian, cara pemakaian, pemakaian sebelumnya dan harapan pengguna. Selain kegunaan medis untuk mengobati nyeri, batuk dan diare akut, narkotika menghasilkan perasaan “lebih membaik” yang dikenal dengan eforia dengan mengurangi tekanan psikis. Efek ini dapat mengakibatkan ketergantungan. tanda tanda fisik, dapat dilihat dari tanda – tanda fisik si pengguna, seperti :
1. mata merah
2. mulut kering
3. bibir bewarna kecoklatan
4. perilakunya tidak wajar
5. bicaranya kacau
6. daya ingatannya menurun

Ada pun tanda – tanda dini anak yang telah menggunakan narkotik dapat dilihat dari beberapa hal antara lain :
1. anak menjadi pemurung dan penyendiri
2. wajah anak pucat dan kuyu
3. terdapat bau aneh yang tidak biasa di kamar anak
4. matanya berair dan tangannya gemetar
5. nafasnya tersengal dan susuh tidur
6. badannya lesu dan selalu gelisah
7. anak menjadi mudah tersinggung, marah, suka menantang orang tua

Lalu bagaimana mengetahui bahwa anggota keluarga jadi pecandu obat terlarang itu? Mardan Sadzali memberikan ciri-ciri yang mudah diketahui pada pecandu narkoba.

• Pecandu daun ganja : Cenderung lusuh, mata merah, kelopak mata mengattup terus, doyan makan karena perut merasa lapar terus dan suka tertawa jika terlibat pembicaraan lucu.

• Pecandu putauw : Sering menyendiri di tempat gelap sambil dengar musik, malas mandi karena kondisi badan selalu kedinginan, badan kurus, layu serta selalu apatis terhadap lawan jenis.

• Pecandu inex atau ekstasi : Suka keluar rumah, selalu riang jika mendengar musik house, wajah terlihat lelah, bibir suka pecah-pecah dan badan suka keringatan, sering minder setelah pengaruh inex hilang.

• Pecandu sabu-sabu : gampang gelisah dan serba salah melakukan apa saja, jarang mau menatap mata jika diajak bicara, mata sering jelalatan, karakternya dominan curiga, apalagi pada orang yang baru dikenal, badan berkeringat meski berada di dalam ruangan ber-AC, suka marah dan sensitive.

Pesan Admin

Silahkan tinggalkan komentar, pertanyaan, pendapat, atau curahan hati. Kami akan berusaha untuk menanggapi setiap komentar yang ada. Partisipasi Anda akan sangat berarti bagi kelangsungan dan pengembangan blog ini. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

CARA BERHENTI SENDIRI MEMAKAI ATAU MENGGUNAKAN NARKOBA DENGAN TERAPI BINNIYAT MAANAWA

“NARKOBA” Jangan sampai deh !!!!

Tiga Langkah Membangun Remaja Bebas Narkoba

Berkata “Tidak” Pada Tawaran Pemakaian Narkoba

CIRI-CIRI PERILAKU PECANDU DI RUMAH & SEKOLAH

DAMPAK NARKOBA

EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

JENIS-JENIS NARKOBA

Kamus NARKOBA

MENGAPA BANYAK ARTIS YANG MENGGUNAKAN ATAU MEMAKAI NARKOBA

UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2009 TENTANG NARKOTIKA

77 comments on “EFEK SAMPING & CIRI – CIRI PECANDU NARKOBA

  1. Wah ulasan blognya ok juga buat di add link nih…
    Penting sekali buat informasi masyarakat luas, biar tau efeknya kalo nge-bo’at. Penjelasannya lebih rinci dari pada informasi yang di TP, Radio, sama dikoran-2.
    Tapi halaman utamanya yang di tampilkan postingnya kebanyakan Bro… Kalo bisa max 2 aja bisa gak ?
    Biar cepet loadingnya.
    03183166993

    • wah….MANTAP…
      tpi solusi nya gmana ya lok udh trgantngan pda hal yg kayak gto,,,semua saran dari temen sich udh dilakuin tapi blum juga berasil,,,lok ada informasi yg mungkin bisa membantu tolng berbagi informasi,,,,dan jika diantara kita ada para pengguna sebaiknya diapain ya???

    • wa yo jangan …negara kita kan negara hukum,,,lagi pula kn udh ada jg tuh pasal yg mengatur hal seperti itu…
      justru yg hrus dibasmi itu ya pengedarnya tanpa mereka pasti gk akn ada lg yg memkai barang itu….iya gak??/

  2. Bgmana ya menyikapi pd saat kita dihadapkan pada pemakai narkoba?? Langkah2 apa aja yg hrs dilakukan utk start awal utk menghentikan pemakai yg sdh terlanjur jd pemakai??

  3. saya yolanda, dipanggil Yola. Saya punya adik yang pecandu. Setelah membaca ciri2 dari pecandu dari masing2 barang, saya menemukan hal yang tidak sama dengan penjelasan diatas.

    adik saya, selalu ceria, badannya besar beratnya saja hampir 95Kg. di lipatan tangan dan di punggung tangan ada bekas luka sprt suntikan. Telapak tangan sll berkeringat, mudah marah tp juga mudah mengambil hati sehingga orangtua mudah jatuh kasihan. Ciri2 lainnya dia sll muntah setelah menggunakan narkoba. Tapi tentu saja selalu tidak pernah mau mengaku, karena selalu mengatakan sudah berhenti/tidak lagi menggunakan narkoba.

    yang mau saya tanya adalah narkoba jenis apa yg di pake adik saya, karena dia selalu lama di kamar mandi. Kami tidak pernah menemukan apapun di dalam kamar mandi.

    Dan kemana sebaiknya saya membawa adik saya tsb? walaupun saya tertarik untuk mengunjungi UPT LIdo BNN, apakah tenpat ini dapat membantu saya dan keluarga saya agar dapat menyembuhkan adik bungsu saya. Saya mengharap kesembuhan total agar adik saya dapat kembali normal. Apakah kesembuhan adik saya hanyalah harapan kosong???? Saya mohon bantuan dan pencerahannya.

    Terima kasih
    Yola

  4. pertanyaan saya hampir sama dgn yola hanya sja,dia itu calon suami saya dan kami akan menikah dlm bln juli ini, apkah dia bisa dipulihkan secara total setelah dirawat direhab bandung,karena hari minggu kemirin ibunya membawa dia kerehab bandung ,mksih

  5. nma aku tina,,akku pnya pacar yg pecandu narkoba,awal nya aku tak percya,krna ku liht dia ank yg baik,dan tak ad crii2 bahwa dia pengguna

    di suatu ketika,akhir nya aku mengetahui nya,dia sndri yg mengtkan nya pda ku,aku sempat tak percya,tp lama kelamaan,ciri2 itu tampak,

    seperti dia sering skit perut tnpa ada alasan yg psti,hidung na sering pilek n gtal,ssah mkn,ssh tidur,bhkan berat bdn nya turun

    aku ingn dia kluar dri obt2an ini
    aku tak ingin dia knpa2,
    tlg beri tw sya
    gmn cra mngobti na

    aku ingin dia sembuh,aku mencintai nya

    • ajak dia belajar tentang agama…… jika masih belum bisa hubungi saya, 100 persen sembuh… tanpa imbalan apapun.. asal si pecandu mau mengikuti… apa yg telah saya kerjakan…. waktu saya jadi pecandu…..

      • batul bang…pondasi utama hidup itu adalah agama. dengan agama kita bisa meyakini tentang mana yg baik-buruk, benar-salah, dosa-pahala, doa-takdir, dll. moga-moga kita slalu mendapat petunjuk dari Allah swt.

    • Bwt Mbk Tina: Yg pertma perlu ditegaskan Bhwa Pecndu adalah “Korban” , Emang sering kli kata2 tina gk di dngar, coba cari orang yg dianggapnya paling dihormati untk bcara dengannya, ajak dia refresing ke tmpat2 sosial, sprti panti asuhan, atau Tina juga bsa gabung dalam komunitas sosial kemasyrakatan…..
      Teman dekat jg bsa membntu,
      Terbkti seorang pecandu bsa prlahan sembuh melalui kegiatan event2 yg berbau sosial..
      kunjngi kmi di Barisan Karang Taruna Anti Narkoba( fb. bastarcommunity@yahoo.com) thanks

  6. himbauwan kusus kepada kapolres tembilahan riau,saya ingin memberitahu kan bahwa dari pihak kepolisian banyak yang menjadi pengedar dan pemakai narkoba kusus nya di kalangan polisi tembilahan riau dan malah membeking masuk nya narkoba ke tembilahan riau dan membeking dan akhir nya menangkap jg klu mau kota tembilahan aman dan bebas dari narkoba tolong bapak tangkap dan di peroses secara hukum kalau ada anggota dari kepolisian yng terbukti membeking dan pemakai narkoba dan jng yang di tangkap hanya masarakat aja dan yng menjadi dalng nya dari pihak polisi di biarkan aja dan leluasa membeking masuk nya narkoba ke kota tembilahan riau

    • saya pake sabu sejak kuliah 98 baru brenti 2008,memang susah bgt,tp tergantung niat dan mendekat kan diri sm tuhan (kalo saya percaya kpd allah swt) jalan nya adlh secara perlahan2 ato bertahap,saya pernah pake 2,5 gr sendiri,dalam tempo semalam (dr jam 9 mlm-jam 4 subuh) yg saya rasakan tdk ada mentok nya,yg ada uang habis,pikiran kusut,setiap kali mo pake,lsg inget yg gak enak nya aja dulu,spy gak jd,inti nya jgn bayangkan yg enak nya,tp pikirin setelah nya….gitu,dulu saya pernah 6 hari tdk tidur…..(jaman2 kuliah di bdg) tp skg setiap ada niat make(rasa2 kangen) lsg saya pikirin after make nya gmn?pasti gak enak dong lgs ngedrop…alhamdulilah sampe detik ini rasa ingin make dah gak ada lg.kalo saya pribadi cara nya simple,tp sebaiknya jgn diikutin krn rada extrem,1.pas ada rasa mo ngubas,cpt2 beli miras minum sampe mentok,(awas2 ati2 ntar alkoholik,)2.mix miras dgn sedikit cimeng tp jgn keseringan ntar malah kecanduan cimeng pula,mksd saya alihkan rasa ingin ngubas dgn yg laen,bgs nya sih shalat,tp kalo blm bisa ya ikutin cara saya di atas,lama kelamaan rasa ingin ngubas bisa hilang dgn sendirinya,skg kalo ada temen ngajakin make malah aku nasehatin yg jd nya mrk menjauh,tp it’s ok msh byk tmn2 yg laen yyg gak make,jauhi pemake,dekatkan diri dgn agama,0k bro demikian sedikit tips dr saya,dan terbukti ampuh buat saya(sekedar info,sy mulai kenal brg2 haram dr klas 1 smp,pertama kali miras,boat,cimeng,ineks,sabu,putaw,hero dr thn 1992 dah rusak baru tobat th 2008,gile kan?tp saya bisa keluar tanpa rehab,artinya depend on niat dan dekatkan diri dgn tuhan,pasti bisa..ok goodluck….

      • salut bro…buat perjuangannya tuk berhenti…Tapi akan lebih bagus klo rehabilitasi pecandu narkoba ke panti rehab yg sdh ada. saya yakin mereka memiliki metode atau teknik yg bagus dan orang2 kredibel yg peduli, untuk proses rehabnya. buat temen2 yg masih make, cepat2 saja berhenti, sebelum maut yg “merabilitasi” anda.

      • dari bhasanya yg bagus tdk menunjukkan bekas2 kerusakan yg berarti, bolehlah dicritakan tanda mata apa yg msih membekas sbg korban bahwa Anda pernah ketergantungan yg panjang..

  7. Bagaimana sii cra mMbrhntikn kcanduan dari obat2n,coz sy udh bingung dgn cara apa lg sy hrz Mmbrhntikan rasa candu sy. sampe2 sy smpt putuz asa utk bunuh diri..
    mhon saranny

    • sabar bro…semua cobaan pasti ada jalan keluarnya…coba anda hubungi BNK terdekat utk konsultasi..jangan takut untuk datang, karena mereka akan sangat wellcome terhadap para pecandu yg mo tobat.

  8. inti pemecahan masalah dari semua maslah diatas sebenarnya hanya satu : yaitu kemauan untuk bertobat. tanpa itu percuma deh……
    pusat rehab, rsko, dll semua itu cuma berupa fasilitas pendukung, dan yg paling penting jauhkan dari lingkungan sebelumnya, bawa dia ke tempat yang baru agar dia bisa memulai hidup yang baru.

  9. setelah sya bca ciri” di atas sya merasa bahwa ciri” tersebut aaaada di dlm diri cwok sya,sya ingin membantu ya untuk mengatasi msalah ya.tp sya bggung krna sya gx tau cra nya ???????

    • dekatin pelan2 sis…jangan langsung tembak. pastikan dulu dengan berbicara dari hati ke hati, klo dia mau mengakui, tunjukkan bahwa anda peduli dan tetep sayang sama dia…klo berhasil, ajak dia ke panti rehabilitasi yg ada di web ini..
      GOOD LUCK

    • Panti Rehabilitasi Narkoba Wanita Kristen “Rumah
      Telp. Lentera” , Gunung Geulis – Gadog Cibogo – Bogor ,
      0251 – 251336
      silakan coba dihubungi.

  10. tolong di selidiki anggota polisi tembilahan riau yang terlibat pengededar narkoba , pemakai , dan jangan yang selalu menindas warga aja dan yang masukin narkoba juga polisi dan menangkap juga polisi gimana dengan kinerja polisi bukan nya melindungi masarakat tp selalu menindas masarakat

  11. pancaroba..hal coba coba..pengetahuan mendalam mengajarkan sisi baik dan buruk dalam pergaulan..inti nya memang jangan kecanduan..laen kata bila hal nya pemakai yg bisa di bilang pencoba..!!

    jln hdup memang beda2..begitu pula dgn prinsip..memang smua nya ada resiko..dan itu lah yg bisa membuat hdup lebih berpengalaman…!!!!

  12. saya kurang paham mengenai narkotiba.
    Tapi akhir2 ini saya agak curiga dgn saudara saya,
    saya pernah menemukan botol dengan dua lubang diatasnya & pipa kaca berisi sedotan di kamar mandinya.
    mungkin nggak adik saya tsb menggunakan narkoba ? tapi jenisnya apa ?
    Masalahnya waktu saya tanya dia tidak mau ngaku. selalu marah balik k’lo kita singgung barang2 itu.

  13. aku gak pernah bisa nemuin ciri-ciri di atas sama temenku yang nggunain narkoba, dia pengguna ekstasi.
    dia itu rajin segalanya, aku bahkan gak percaya waktu dia bilang kayak gitu, tapi ada buktinya.dia pernah bilang obat itu hidupku.
    aq harus gimana buat nyembuhin dia??

  14. nyabu emang enak tapi bahaya kalau kelama”an !!
    gue juga pemake baru, tapi dampak yang gue rasakan sudahlah sangat besar .
    gue make sabu-sabu baru” 4 tahun, yang sudah lama banget gue make ganja dan minum”an keras dari sekolah taman kanak” .
    itu semua gue lakuin karna depresi dan tekanan dari orang tua yang kurang perhatian sm gue dan sering bertengkar orang tua perempuan dan laki”, gue cuma diberi uang dan uang doank !!
    gue saranin kalian yang sudah punya anak dan berkeluarga tolong perhatikan anak kalian dan control selalu dmn saja dia berada, gue gak mau penerus bangsa indonesia ini hancur dan gak punya masa depan yang baik .

    tapi sekarang gue dah bebas dari NARKOBA, menjadi ATLIET sepak BOLA divisi utama PERSIJA .
    gue lawan rasa ingin make dan gue tinggalin langsung teman” gue yang pake dan gue jauhi semua barang HARAM itu .

    • salut bro…atas perjuangannya melawan narkoba. buat para orang tua, perhatikan saran dari mas bro ini. anak2 tidak hanya butuh UANG dan MATERI, tetapi juga kebersamaan (waktu untuk keluarga), kasih sayang dan perhatian. Inilah kunci menuju keluarga yg harmonis.

  15. Aq dlunya di ajk tk cri tw tntang Narkotika Jenis sabu-sabu…pertama pke sm sx ga bs, smpe ad mntan aq pnya brng it jg n aq mw cba Lg..
    Efeknya ya sprti yg aq mw, sprti mls mkn & Mengurangi brat bdan aq jg.
    Tp skrng2 ne aq jd lbh kpngen nyabu trus,,,,
    Pdhal dh d cba tk inget yg ga enk2nya, tp aq tergiur dg efeknya yg bs bkin krus bdan…

    Aq mnta srannya yach, gmna cranya untk bs ilangin kmauan wat nyabunya,

    Krna kdang jg ngrsa tkt sich luw dngr ato pn Liat d brita ad yg ke tngkep, gra2 pke aj..

    Thx a lot

  16. Pengen brenti…??? Gampang… lu inget2 ini aja yehh… HARGANYA AJA sekarang lebih dari Rp 1.000.000,- per gram. dr 1 gram tsb lu pake paling awet 3-4 harian. sudah habis… ya pasti nyari duit buat beli lagi khan??? dan seterusnya dan seterusnya. Nah sekarang lu coba pikir dengan WARAS, bandingin sama harga emas yg per gramnya di bwah harga barang tsb. APA GAK SAYANG DUIT dibakar jadi gak jelas?? so… kalo otak lu masi WARAS tinggal pilih… mau yang mana?? emas atau sabu?? BTW skrg dah gak jaman gaul pake gituan. klo emang berlebih duit lu and doyan hepi2, minum2 miker juga cukup. paling juga tepar…ketiduran sama jackpot. besoknya juga ga ada acara parno2an segala tuch…… ga punya duit?? jangan mabok. Just makes ur live meanfuly and keep smilling.

  17. terus kira-kira waktu paling lama bisa nyembuhin orang pecandu gtu kayak ghe mna,,?
    dan bagaimana cara mmbuat orangtua bisa sabar menghadapi seorang pecandu narkoba ?

    mkasih yaa udch ngasih tau caranya

    • tidak ada waktu yg pasti untuk sembuh dari narkoba. semua tergantung kekuatan mental pecandu yg menjalani rehab. tetapi kalo proses rehab didasari kemauan yg kuat dari pecandu utk sembuh, insya Allah akan lbh cepat. mengenai pendekatan ke ortu, bicara dari hati ke hati, sampaikan dengan hati2, sampaikkan penyesalan pecandu yg amat mendalam, dan kemauan yg kuat utk berhenti.

  18. mau nanya lagi nuii,,
    dya itu pecandu tapi dya gag ma di masukkin ke Rehab,,,
    ktnya kalau keluar dari tempat rehab itu cacat di mata masyarakat…
    terus bagaimana mengatasinya..?

    tolong jwbn yaa,,
    thx before

    • Anda salah besar kalo mengatakan seperti itu. Pertama, siapa yg tahu bahwa si A adalah pecandu. karena biasanya pemakai mengkonsumsi narkoba scr diam2. Kedua, siapa yg tahu kalo si A habis dari panti rehab kalo tidak ada yg memberitahu. jadi, simpel saja, yg perlu tahu bahwa si A adalah pecandu, cukup keluraga dan org2 terdekat yg bisa memberikan dukungan moral dalam proses penyembuhan.

  19. hilangin kecanduan sabu gimana ya ?? tunanganku udh kecanduan sabu2 itu lama dan sifatnya cenderung emosional jika kehabisan uang atw gk dpt make lagi,selain rehab apa sih yg bsa aku lakuin bwt dy? aku ga mgkn minta sama keluarga nya lgsg krna pasti ortunya kecewa dong… please,help me..

    • mbak…kalo mo sembuh, memang membutuhkan orang2 terdekat utk mendukung proses rehab, apalagi dukungan keluarga yg sangat berarti. pendekatan ke keluarga memang sulit dan membutuhkan keberanian. dan yg paling penting dan utama, pendekatan ke tunangan mbak, harus dibujuk supaya mau sembuh dan direhab. klo sdh mau, baru pendekatan ke keluarga, bicara dari hati ke hati antara tunangan dengan ortunya, sampaikan penyesalan yg amat mendalam dan keinginan yg kuat utk sembuh. saya yakin pihak keluarganya akan menerima dg besar hati. YG PENTING ADA KEMAUAN KUAT DARI TUNANGAN MBAK UNTUK SEMBUH. menegenai teknik rehab, mbak bisa baca CARA BERHENTI MEMAKAI NARKOBA.

  20. haii…aku mau tanya donk…aku punya temen, dia ngaku kalo dia pemakai sabu..dan trakhir dia pakai skitar 1bln yg lalu..abis itu skr udah nggak pakai lagi, krn mau tobat….
    aku bgung mau percaya apa nggak…scara dia pakai udh skitar 4 atau 5 th…
    pertanyaannya apa bisa di prcaya kalo dia udh nggak pakai??apa semudah itu lepas dr sabu??
    kalo mau brenti, btuh waktu brp lama?tks…

  21. Narkoba merupakan salah satu sumber kerusakan, kehancuran dan kebinasaan baik secara fisik,mental, sosial maupun spiritual. Dengan memberikan informasi yang jelas dan lengkap, kita harapkan dapat mencegah timbulnya korban-korban baru. Bagi yang telah terjerumus, bertobat dan berobat merupakan solusinya. Takutlah dengan Allah, yang telah menciptakan, memberikan kehidupan dan kenikmatan hidup, dan kepada-NYA kita kembali untuk mempertanggung jawabkan amal-amal kita selama di dunia ini. Kebaikan dibalas dengan kebaikan dan sebaliknya. Mari kita manfaatkan masa hidup kita di dunia yang fana ini untuk mengerjakan amal-amal kebaikan dengan niat untuk mendapatkan keridhoan Allah.

  22. nm sy reva,,aq lg bingung bgt apa kh suamiq memkai narkoba atw tdk sox suamiq seht2 aja tp klu siang dy sk tdr trus klu mlm sk kluar bgdang smpi subuh bru pulng,sring lpr,sll bingung,pelupa,plin plan,mtx sring mrh,kurus brt bdn g prnh naik,klu msuk kmr mndi pst lm bru kluar truz sll bw li2n klu msuk kmr mndu n aq sring nemuin btol,,,aq pgn tw jenis obt apa yg d konsumsi suamiq??aq mhon bntuanx sox aq syg bgt sm suamiq.

  23. bagaimana sikap kita sbg ortu/wali jika sudah terjadi,terjadi dan terjadi lg?apa ada kegiatan untuk pecandu/bekas pencandu/pengedar/bekaspengedar?bskah yg bs sembuh menularkan semangat ingin sembuh kepada mereka?

  24. Ulasannya sdh lumayan, cuman resiko bg korban2 untuk menjadi contohnya tidak ada gambrannya, atau ceritakan penderitaan salah seorang terkenal yg prnah sbg pecandu dr msing2 jenis Narkoba tsb..,maaf kami belum menemukan satu riwayatpun para korban pd blog atau situs sprti ini,trims.

  25. papahku pecandu narkoba yaitu…narkoba berjenis shabu-shabu dia begitu sudah dari bujang…tp kenapa sampai sekarang gk insaf juga….aku gk ngerti…itu sewring membuat mamahku marah karna kelakuan papah….tolong dong kawan@ klo punya cara untuk memberhentikan kelakuan papahku tersebut

  26. pecandu sabu tidak mudah di hilangkan itu tergantung hati anda sendiri
    jujur tidak mudah kecuali hidup saya di dalam hutan laksana tarzan

  27. kalo mau ga ada narkoba tutup tempat hiburan itu saja saran saya
    dan buat yang membuat sabu di hukum mati ini tidak ,ada rupiah semua beres
    emang mudah kasih saran buat pecandu tapi yang merasakan gimana apapun di usahakan buat beli sabu ,maaf kalo jenis ganja , ekstasi , putau dll saya bisa kenapa sabu saya belum bisa jadi inti masalah nya pembuat sabu di hukum mati bangsat anjing babi binatang habis rupiah saya tapi tetap asyik bimgumg saya

  28. sabu nikmat tapi menyiksa itulah dunia semua bisa di beli dengan uang tidak ada hukuman yang mebikin orang jera uud(ujung-ujung nya duit)

  29. Z mw curhat nie…
    Suami zy ternyt pemakai, dulu sblm kt merid dy cerita klo dy pern make Tpi dah berhenti. kmrn mlm minggu z dpt btl, sedotan sm jarum suntik & ternyt dy kembli make. Sdh bercmpur kecewa, pantas aj 2bln in skpx berubh total. Jdi pemarah, & msh bnyk keganjalan2 yg z dptkn. Setelah z tw klo ternyt dy make lagi kt rbt zy menyalahkn dgn ap yg d lakukan, dy mlh balik mrh pdq emosix paling tinggi. Z binggung d sn sapa yg paling berslh? Np dy yg paling mrh? Pdhl dy sendri yg melakukan.
    Ku binggung hrs berbuat ap? Tpi klo d diami dy tambh ngelunjak…

    Komentarx dong.,.
    Papua, 15-12-2011

  30. Mas..cr ilangin kecanduan sabu kr2 gmn ya?smua ciri2 itu bner bgt…aq bs mnt tlg dibantu buat ngobatinnya plg cpt gmn?aq akn ks imbalan deh klo crx bner.artikel masnya sip bgt!!!!!thanks before

  31. Aku dulu seorang pemakek shabu shabu berat… Tapi skrg ini tiba 2 aku sangat membenci yang nama nya shabu2 .karna slama aku jadi pemakek ,, g pernah ada sisa uang saya ,,malah utang di mana mana,,, akhirnya saya memilih untuk berhenti dari perbuatan itu… Yang paling sedih lagi teman2 saya sampai skrg ini mareka masih menyukai yg nama nya shabu2 …… Pertanyaan nya ,,, gmna Cara nya agar teman 2 saya bisa berhanti dari segala narkoba,,,,

  32. ulasannya bagus banget..
    saya suka..
    saya pemakai yang sifatnya sekedar..
    kalau ada acara untuk begadang dan kepentingan yang lain saja baru saya menyentuhnya.. itu pun saya dapatkan dengan cuma-cuma..
    tapi saya paham betul dengan semua ini..
    saya sangat khawatir dengan apa yang saya lakukan selama ini..
    takut akan segala sesuatu yang terjadi tentang saya dan merepotkan semuanya..
    kira-kira bagaimana tanggapan dari yang lain??

  33. Z mW curhat nie…
    Zy adalah istri dri pecandu narkoba. awal seblm zy nikah sm suami zy mmg dy sdh pake, tpi ktx sdh lama berhenti. Tpi bnyk keganjalan” yg zy dpt, setelah 3 tahun kt hidup bersm dan mempunyai ank. Bru ketahuan ternyata dy selma in tdk pernh berhenti pake.betapa kecwx sy dan langsung minta cerai, tpi dy yg malah lbh keras dan ank2 hampir d bw kabur olehx. Zy tambh binggung g tw mw berbuat ap, terpaksa zy hanx bisa diam dan terima dy. Hingga skrg, tpi jujur kadang tetap tdk bisa terima

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s